(0435) 853 7551 | info@unbita.ac.id

Sambut Baik Seleksi Duta Bahasa Rektor UNBITA Dorong Pelestarian Bahasa Daerah

Oleh: Agum Tubuon | Tanggal: 26/03/2024 | dibaca 135 kali


Rektor Universitas Bina Taruna (UNBITA) Gorontalo, Dr. Ellys Rachman menyambut baik pelaksanaan kegiatan wicara, sosialisasi, dan audisi langsung Duta Bahasa Provinsi Gorontalo di Lingkungan Kampus UNBITA, Rabu (20/3/2024).

“Sebagai Rektor UNBITA Gorontalo, saya dengan bangga menyambut dan mendukung inisiatif Kantor Bahasa dalam melaksanakan gelar wicara, sosialisasi, dan audisi langsung duta bahasa di lingkungan kampus kami,” ujar Dr. Ellys Rachman.

Menurutnya, kegiatan tersebut tidak hanya memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengekspresikan kemampuan berbahasa Indonesia. Tapi juga bagian dari upaya bersama dalam melestarikan bahasa daerah.

“Juga mengupayakan pengutamaan penggunaan Bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi negara kita diruang publik,” kata Dr. Ellys.

Dr. Ellys juga ikut mengucapkan terima kasih kepada Kantor Bahasa atas kepercayaannya kepada UNBITA Gorontalo sebagai salah satu kampus tujuan dalam sosialisasi program ini.

“Hal ini merupakan bentuk apresiasi terhadap peran kami dalam mendukung pengembangan dan pemajuan serta pelestarian bahasa baik Bahasa Indonesia, Bahasa Daerah dan Bahasa Asing. Juga sebagai langkah peningkatan literasi mahasiswa kami dalam berbagai aspek yang tentunya akan menunjang upaya-upaya Kantor Bahasa dan kampus kami dalam mencapai tujuan bersama yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa,” ujarnya.

UNBITA sendiri telah berpartisipasi dalam Pemilihan Duta Bahasa Provinsi Gorontalo. Bahkan di tahun 2023, perwakilan UNBITA atas nama Agum P. Tubuon berhasil meraih juara satu dan mewakili Provinsi Gorontalo dalam ajang Pemilihan Duta Bahasa Nasional Tahun 2023.

“Kami menghargai partisipasi mahasiswa dalam acara ini. Kegigihan dan semangat yang mereka tunjukkan merupakan bukti nyata dari kecintaan mereka terhadap bahasa Indonesia dan budaya bangsa. Kami yakin, melalui kesempatan ini, mahasiswa dapat terus memperdalam pemahaman mereka terhadap bahasa Indonesia serta berperan aktif dalam mempromosikan keberagaman bahasa dan budaya terutama yang ada di Provinsi Gorontalo,”ujarnya.

Lebih lanjut, Dr. Ellys Rachman mengajak seluruh elemen masyarakat akademik dan masyarakat luas untuk mendukung upaya-upaya pelestarian bahasa demi menjaga kelestarian bahasa dan budaya Indonesia.

Semua pihak memiliki peran penting dalam memastikan bahwa warisan bahasa dan budaya kita tetap hidup dan berkembang dan tidak dibiarkan punah begitu saja. Terakhir, kami berharap agar acara ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi semua peserta dan menjadi langkah awal yang baik dalam perjalanan mereka untuk menjadi duta bahasa yang membanggakan bagi bangsa dan negara,” ujarnya menandas.

Agenda