(0435) 853 7551 | info@unbita.ac.id

Mahasiswa UNBITA Gorontalo Jadi Pemenang Duta Bahasa Provinsi Gorontalo

Oleh: Ferty Latowa | Tanggal: 08/06/2023 | dibaca 397 kali


Prestasi membanggakan kembali ditorehkan oleh Mahasiswa Universitas Bina Taruna (UNBITA) Gorontalo dengan berhasil keluar sebagai juara satu atau pemenang dalam pemilihan Duta Bahasa Provinsi Gorontalo.

Adalah Agum P Tubuon, mahasiswa Ilmu Administrasi Negara angkatan 2021 berhasil keluar sebagai juara satu pemilihan Duta Bahasa Provinsi Gorontalo pada Malam Penganugerahan Pemilihan Duta Bahasa Provinsi Gorontalo Tahun 2023″, Sabtu (3/5/2023). Agum dinobatkan sebagai pemenang setelah melewati persaingan yang ketat antara sesama finalis duta bahasa.

“Alhamdulillah tentunya syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa karena telah memberikan kesempatan untuk meraih prestasi di Duta Bahasa Provinsi Gorontalo,” ujar Agum.

Agum mengaku, keberhasilan dirinya sebagai juara dalam pemilihan duta bahasa bukan perkara mudah. Dirinya telah melewati tahap seleksi yang ketat.

“Memang pada awalnya proses seleksi dilaksanakan di tiap-tiap universitas dan salah satunya di Universitas Bina Taruna Gorontalo. Dan saat itu saya mendaftar dengan banyak pendaftar diantaranya namun dengan ikhtiar saya menjadi tiga besar di tingkatan universitas kemudian dilanjutkan dengan seleksi tingkat provinsi yaitu di prata klimat,” ujar Agum

Menurut Agum, dirinya berhadapan dengan kurang lebih ada 50 peserta di tahap prata klimat dan melakukan banyak tes diantaranya tes Leaders group discussion, tes kebahasaan dan tes motion challenge.

“Setelah melalui proses seleksi provinsi Alhamdulillah diterima dan terpilih menjadi 20 finalis Duta Bahasa Provinsi Gorontalo. Tentunya setelah terpilih menjadi finalis banyak hal yang dipersiapkan diantaranya proposal krida, kemudian kemampuan kebahasaan baik bahasa Inggris maupun bahasa daerah Kemudian mempersiapkan mental tentunya mempersiapkan segala hal yang berkaitan dengan kemampuan dan keahlian di bidang kebahasaan dan sastra,” ujar Agum.

Agum bersyukur, setelah banyaknya tahapan tersebut, pada malam penganugerahan dirinya dinobatkan sebagai terbaik satu duta bahasa Provinsi Gorontalo tahun 2023.

“Hal ini tidak lepas dari kerjasama dan bantuan dari semua pihak keluarga sahabat teman kakak dan lebih khusus Rektor Universitas Bina Taruna Gorontalo Ibu Dokter Hj Elis Rahman S.Sos MSI. Saya pribadi mengucapkan terima kasih atas segala dukungan yang datang dari berbagai pihak semoga dukungan tersebut tidak berhenti sampai di tingkat provinsi karena pada bulan Oktober nanti saya bersama teman saya akan mewakili Provinsi Gorontalo membawa nama baik Gorontalo ke tingkat nasional untuk pemilihan Duta Bahasa nasional terima kasih,” kata Agum.

Terpisah, Rektor UNBITA Gorontalo, Dr. Ellys Rachman mengaku bangga atas atas prestasi yang diraih oleh mahasiswanya yang keluar sebagai juara 1 Duta Bahasa Provinsi Gorontalo.

“UNBITA memberikan support dan apresiasi kepada setiap mahasiswa yang aktif dan mengikuti berbagai kegiatan di luar kampus. Semoga mahasiswa kami bisa dilancarkan sampai persaingan ke tingkat nasional,” kata Ellys Rachman.

Agenda